Sabtu, 05 Mei 2018

Apakah sesulit itu mencintai seseorang?

04/05/2018

Apa memperjuangkan cinta itu begitu sulit sehingga terluka?
Apa yang telah ibu ku perbuat untuk memperjuangkan rumah tangganya bersama orang yang satu-satunya ia cinta tapi ia juga satu-satunya orang yang membuat ibu menangis setiap hari karena penyesalan.

Ibu adalah sosok kartini paling penting dalam hidup ku
Ada banyak sekali sosok wanita yang mengorbankan perasaanya demi untuk menjaga keutuhan rumah tangganya
Meski wanita ini tahu harus ada yang berkorban perasaan
Wanita ini mengorbankan apapun demi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga
Karena kini yang menjadi tulang punggung keluarga di rumah bukan lagi ayah.

Mungkin bukan tempat ku untuk mengadu kekurangan ayah disini
Meski aku ingin sekali memberi tahu dunia bahwa ayah ku bukanlah figure ayah yang kudambakan
Aku tidak punya keintiman seorang ayah dengan anak perempuannya
Aku bicara dengan ayah jika aku perlu bicara
Jika aku tidak memerlukan ayah aku rasa aku tidak akan bicara dengannya
(aku tahu betul aku sangat egois dan kalian boleh bilang aku egois)

Wanita ini adalah ibu ku
Ia adalah salah satu wanita yang berjuang untuk bisa mendapatkan hak-haknya sebagai istri
Seorang wanita yang menahan amarahnya selagi mereka berbeda pendapat
Seorang ibu yang menunggu kedua anaknya yang tak kunjung pulang
Ya ibu hanya mempunyai dua orang anak
Aku dan adikku tidak menyukai pulang ke rumah
Rumah bagi kami hanya sekedar transit untuk mandi dan tidur
That’s it
Aku tidak suka pulang ke rumah
Dalam satu minggu aku hanya punya satu hari di dalam rumah
Selebihnya aku pergi ketempat aku mau
Karena di rumah mereka selalu bertengkar dengan masalah yang itu-itu saja
Dan aku sudah muak
Tidak ada alasan untuk ku untuk tetap tinggal di rumah
(aku tahu betul bahwa aku kabur dari masalah)

Ibu adalah salah satu wanita yang sesekali ku dapati menangis tapi
Ibu tidak pernah meminta untuk pisah dengan bapak
Ibu selalu bilang padaku
Meski aku sangat membenci pertengkaran mereka
“Bapak adalah tetap ayah kandung mu, di dalam darah ku mengalir darahnya.
Dan tidak ada yang namanya bekas ayah.”
Aku harus mengampuni bapak

Ibu mengajarkan ku tentang mengasihi tanpa syarat
Kasih itu bukan seandainya
Melainkan meskipun…

Ibu mengasihi bukan seandainya ayah berlaku baik atau melakukan hal romantis
Ibu mengasihi meskipun ayah selalu bersikap kasar dan selalu mengulang menyakiti

Ayah menanamkan satu hal kepada ku
Cinta bisa kadaluarsa
Aku sangat membenci pernikahan
Aku sempat berpikir aku tidak ingin menikah
Untuk apa aku menikah dengan orang yang terus membuat ku menangis
Honestly, aku tidak pernah berdoa dengan Tuhan sungguh-sungguh
Dan lagi aku sangat dengan status ku yang sendiri

Dua tahun yang lalu aku masih berpikir sempit
Semua lelaki brengsek seperti ayah
Mungkin sampai saat ini aku pun masih merasakan hal yang sama
Aku mengganggap sayang hanya sebatas dimulut
Dan aku muak
Aku sangat muak
Aku sudah terlalu letih untuk terluka (Lagi)
Aku tidak mau mengulang jatuh cinta pada orang yang salah
Sehingga aku kecewa kemudian

Ibu dan ayah ku mengajarkan bahwa
Sebuah keluarga tidak ada yang sempurna
Demikian pun dengan aku yang sampai saat ini belum bisa mengasihi ayah dengan sempurna
Mungkin orang tua ku mengajari ku cara yang salah tentang mengasihi
Mungkin orang tua ku tidak lagi saling mengasihi satu sama lain
Karena cinta mereka sudah pudar dan tidak pernah dipelihara


(Anyway sekian dulunya, aku tidak lagi konsentrasi)

Happy Weekend

#lovemom #ceritamanusia #family #love #forgive #lovedad


0 comments:

Posting Komentar